Friday, August 31, 2012

Negara Berkembang Dan Negara Maju




Salah satu dampak dari ”RevolusiIndustri” di Inggris adalah munculnya negara-negara yang perkembangan industrinya mengalami kemajuan luar biasa cepatnya seperti Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Jepang. Hal ini juga membawa perubahan di bidang perdagangan yaitu terjadi penumpukan modal, produksi melimpah, harga jual relative murah, bahan baku industry sulit dicari, terjadi perluasan pemasaran dan sebagainya.

Bagi negara-negara yang berhasil menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi akan cepat menjadi negara maju dan sebaliknya bagi negara yang lambat akan ketinggalan. Maka terjadilah pengelompokan antara negara maju dan negara sedang berkembang yang terutama ditekankan pada kecenderungan perkembangan keadaan ekonomi suatu negara tersebut.

Berdasarkan perkembangan ekonomi dan industri ada beberapa istilah, yaitu :
1.       Negara-negara dunia pertama : adalah negara-negara yang mula mula muncul sebagai negara industry di dunia seperti Inggris, Perancis, Rusia, dan Amerika Serikat.
2.       Negara-negara dunia ke dua : adalah negara-negara yang kemudian menyusul menjadi negara industri setelah mereka mampu menyerap dan mengembangkan teknologi dari negara-negara industri pertama sehingga menempatkan negaranya menjadi negara industry baru. Negara-negara tersebut antara lain : Jepang, Italia, Australia, Selandia Baru, Kanada.
3.       Negara-negara dunia ke tiga : adalah negara-negara yang masih tergantung pada produk agraris dan memproduksi barang-barang primer seperti bahan mentah dan bahan galian, hasil hutan, hasil pertanian.
Negara-negara inilah yang sering disebut negara sedang berkembang.
    
Beberapa kriteria yang digunakan untuk menentukan negara berkembang negara maju antara lain :
1.       Pendapatan perkapita
2.       Mata pencaharian penduduk utama
3.       Tingkat produktivitas
4.       Tingkat pengangguran
5.       Angka harapan hidup
6.       Angka kelahiran
7.       Angka pertumbuhan penduduk
8.       Ekspor barang yang utama
9.       Tingkat pendidikan
10.   Tingat kesehatan
11.   Angka beban ketergantungan
12.   Tingkat ketergantungan terhadap negara lain

Unknown

Mohon untuk komentar dengan baik dan sopan :)

0 comments:

Post a Comment

free counters

 

Copyright @ 2013 blogged.