Wednesday, November 21, 2012

Protokol Jaringan


PROTOKOL JARINGAN
            Protokol merupakan himpunan aturan-aturan yang memungkinkan computer satu dapat berhubungan dengan computer lain. Aturan-aturan ini meliputi tata cara bagaimana agar computer dapat saling berkomunikasi misalnya berupa bentuk (model) komunikasi, waktu (saat berkomunikasi), barisan (traffic saat berkomunisasi), pemeriksaan error saat transmisi data dan lain-lain. Protokol jaringan akan mengimplementasikan beberapa lapisan dalam referensi model pembentukan jaringan (model OSI). Beberapa protocol yang banyak digunakan antara lain

1.      Appletalk
Protokol Appletalk diciptakan oleh perusahaan Apple Computer pada tahun 1985. Protokol ini untuk diterapkan pada jaringan dengan computer bermesin Apple.



2.      NETBIOS
NetBIOS digunakan dalam Microsoft Work Group dengan metode peer to peer. Protokol NetBIOS memberikan layanan pada session layer dan transport layer (layer 4 dan 5 OSI).


3.      DECNet (Digital’s Communication Network)
Protokol ini mendukung Ethernet-style LAN dan baseband maupun broadband WAN terutama jalur private dan jalur public. DECnet menghubungkan PDP, VAX, PC, MAC dan workstation lainnya.


4.      SNA (Systems Network Architecture)
Merupakan standard jaringan mainframe IBM yang diperkenalkan pada tahun 1974. Awalnya merupakan arsitektur terpusat dengan sebuah host computer yang mengatur banyak terminal.


5.      SNMP (Simple Network Management Protocol)
SNMP adalah sebuah protocol yang digunakan untuk memantau dan mengontrol jaringan dari tempat lain (jauh). Data dilewatkan dari SNMP Agent yang berupa hardware atau software yang melaporkan suatu aktivitas pada beberapa perangkat jaringan seperti hub, router, bridge, dll.

Sample Image - SNMP.jpg

6.      TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
TCP/IP merupakan protocol standard pada jaringan internet yang tidak tergantung pada jenis computer yang digunakan


7.      IPX/SPX (Internet Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange)
IPX/SPX adalah protocol standard pada jaringan Novell Netware, untuk mengatasi masalah internetworking pada jaringan PC. Novel Netware merupakan sistem operasi jaringan computer yang dirancang untuk mengaitkan PC ke dalam jaringan antar-PC, yang dapat membuat resource harddisk pada server dapat digunakan bersama.


8.      PPP (Point to Point Protocol)
PPP adalah data link protocol yang menyediakan akses dial-up melalui port serial. PPP dapat dijalankan pada beberapa link dullduplex dari POTS ke ISDN hingga jalur berkecepatan tinggi.


9.      SLIP (Serial Line IP)
Sebuah data link protocol untuk dial-up acces ke jaringan TCP/IP. Biasanya digunakan untuk mendapatkan akses internet. SLIP mengirimkan paket IP melalui serial link (dial up atau private line)


yoga rinanda

Mohon untuk komentar dengan baik dan sopan :)

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 blogged.