Saturday, September 1, 2012

Pengertian Internet, Intranet, dan Ekstranet



                Internet berasal dari kata InterconnectedNetworks yang berarti jaringan yang saling terhubung. Menurut pengertian tersebut beberapa jaringan computer yang dihubungkan merupakan sebuah internet. Secara umum istilah internet digunakan untuk menyebutkan kumpulan jaringan computer yang saling terhubung yang mencakup seluruh jaringan yang ada di dunia. Sehingga internet tidak menjadi milik seseorang, lembaga atau negara tertentu. Jadi internet adalah kumpulan computer dan jaringan computer di seluruh dunia yang dihubungkan sehingga dapat saling bertukar informasi.
                Dalam lingkup yang sempit, seuah organisasi atau lembaga atau perusahaan tertentu mampu membangun jaringan sendiri dengan mengadopsi teknologi internet. Jaringan demikian disebut dengan intranet.
                Sesuai dengan perkembangan internet yang demikian pesat, sebuah organisasi yang dimiliki jaringan intranet dapat memanfaatkan jaringan internet untuk memberikan informasi yang diijinkan untuk diketahui atau diakses oleh pihak di luar organisasi. Seperti untuk publikasi atau kepentingan lain yang berhubungan dengan pihak luar organisasi melalui internet tersebut dinamakan ekstranet.

yoga rinanda

Mohon untuk komentar dengan baik dan sopan :)

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 blogged.