Monday, August 13, 2012

Tips Cara Meningkatkan PageRank


Tips Cara Meningkatkan PageRank


page rank
Setiap pemilik blog atau pun situs-situs besar sangatlah mendambakan bila situsnya memiliki pagerank yang bagus akan tetapi banyak dari mereka yang tidak tahu bagaimana cara meningkatkan pagerank pada situs-situs mereka. Mereka sudah berusaha membuat konten-konten yang berkualitas selama berbulan-bulan, tapi tetap saja pagerank situs mereka masih kecil atau bahkan tidak ada satu pun.

Pada posting kali ini saya akan share beberapa tips cara meningkatkan pagerank situs atau blog, sebenarnya untuk menyajikan tips ini sungguh berat karena pengunjung juga mau melihat apakah pemilik blog juga sudah mendapatkan pagerank, dan -alhamdulillah- blog ini sudah memdapatkan hadiah pagerank oleh bah Google walaupun masih kecil, dengan itu saya memberanikan diri untuk menyajikan beberapa tips yang saya lakukan dari hasil menerapkan beberapa tips yang pernah saya baca.

Akan tetapi yang diharus diingat bahwa pagerank tidak ada hubungannya dengan SEO dan juga besarnya lalu lintas pengunjung, tapi penilaian berdasarkan jumlah link balik yang berkualitas untuk blog atau situs kita.

Yap sekarang saya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara meningkatkan pagerank dan sebelum keinti masalah kita harus tahu apa itu pagerank.


Apa Itu PageRank?

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Sedangkan cara kerja adalah sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil. (id.wikipedia)

Itu adalah yang dimaksud dengan pagerank dan selanjutnya kita akan memasuki pembahasan ini tip cara meningkatkan page rang.


Cara Meningkatkan PageRank

Kirim Situs Atau Blog Anda ke DMOZ.org

DMOZ merupakan situs open source direktori yang sangat terkemuka, yang membuat dmoz.org menjadi banyak incaran para pemilik blog atau situs untuk mendaftarkan situs mereka adalah karena bila situs mereka disetujui otomatis akan tersubmit pada 'Google Directory' yang menjadikan tingkat pagerank kita bagus.

Akan tetapi untuk diterimanya situs kita tidaklah mudah karena hanya situs yang mempunyai kualitaslah yang akan diterima dan setiap situs akan diperiksa secara manual, maka dengan mendaftarkan situs kita ke dmoz merupakan langkah yang baik untuk memulai.


Membuat Konten Yang Original dan Unik:

Kata orang "Konten Adalah Raja" ya memang benar istilah ini dan istilah ini memang sekarang sudah menjadi panduan dasar bagi setiap blogger yang ingin membuat konten. konten yang baik minimal harus ada dua kriteria yaitu "original dan unik" dan pasti setiap orang yang membaca konten yang original dan unik lebih disukai dibanding konten yang isinya hanya copy paste atau orang sekarang mengatakan konten copas.

Konten yang original dan unik bukan hanya disukai manusia, tapi bah google pun juga suka dan sangat membenci bila membaca yang seluruh konten didalamnya hanya copy paste saja. Maka bila ingin blog atau pun situs Anda mendapat pagerank yang bagus mulai dari sekarang untuk membuat konten yang original dan unik dan tentu saja yang berkualitas, bila tips ini Anda terapkan maka bisa dipastikan -insya Allah- Anda akan melihat pagerank Anda bertambah.


Cari Backlink Yang Natural dan Berkualitas

Setiap orang yang sudah memahami akan pentingnya backlink pasti akan mencari backlink yang bisa mereka dapatkan untuk situs-situs mereka dengan berbagi cara: ada yang memakai tool (software backlink), menyewa jasa backlink dan lain-lainnya.

Akan tetapi banyak yang tidak mengetahui apakah backlink yang mereka cari bisa berdampak fatal atau tidak, seperti software backlink yang menjanjikan ribuan backlink untuk situs Anda dan para jasa backlink pun juga sama yang jadi pertanyaan apakah backlink yang akan didapatkan itu berkualitas atau tidak, dan bila berkualitas apakah natural atau tidak dan bila natural apakan satu tema atau tidak? Maka hal ini harus jadi pertimbangan untuk para pemilik situs yang mencari backlink terhadap situs-situs mereka karena bila tidak maka situs Anda yang akan hancur.


Menjadi Penulis Tamu

Untuk tips ini saya belum melakukannya, tapi ini sangat bagus untuk dicoba karena biasanya bila Anda mengirim sebuah konten yang berkualitas yang sesuai dengan harapan pemilik situs yang akan Anda kirim dan diterima maka Anda akan mendapatkan link balik untuk situs Anda yang sudah pasti link tersebut dofollow.

Yang perlu diperhatikan sebelum Anda mengirim konten pada situs yang Anda inginkan adalah:
  • Apakah situs itu satu tema dengan situs Anda.
  • Apakah situs itu punya popularitas yang bagus dimata pengunjung.
  • Apakah situs ini mempunyai pagerank yang cukup.

Update "Menjadi Penulis Tamu": Sangat tidak disarankan untuk menjadi penulis tamu seperti dari situs-situs artikel direktori seperti ezine. Sangat diisarankan untuk remove atau hapus link nya, mengingat situ-situs artikel direktori itu akhir-akhir ini jadi perhatian besar oleh Google.

Pasang Banner Disini

Yoga Rinanda

Mohon untuk komentar dengan baik dan sopan :)

2 comments:

 

Copyright @ 2013 blogged.